Pulau Seprapat tempat pesugihan monyet putih di pati jawa tengah

Posted by

Satu lagi tempat yang kerap menjadi ritual para pencari pesugihan di jawa tengah. Pesugihan monyet putih menjadi salah satu cerita misteri yang akrab dikaitkan dengan Sungai Silunggonggo Pati Jawa Tengah. Di ujung muara sungai tersebut terdapat sebuah hamparan tanah sebagaimana pulau kecil di tengah laut, pulau itu kerap disebut sebagai pulau Seprapat oleh masyarakat sekitar. Tak jelas bagaimana asal usul dan sejarah kisah mistis yang terjadi di tempat tersebut namun pada kenyataannya wilayah ini sangat terkenal sebagai tempat ritual pesugihan.

Nama Pulau Seprapat mungkin diberikan pada pulau di muara sungai Silunggonggo ini karena menyerupai pulau berukuran kecil yakni sekitar 6500 meter persegi. Di pulau kecil itu pula cerita misteri yang melegenda tentang makam tua yang konon di dalamnya terdapat jasat Ki Lodang, seorang pemuka agama yang dulunya terkenal sangat sakti mandraguna. Tak mempan senjata tanjam dan memiliki berbagai macam linuwih serta kesaktian. Keberadaan makam ini pula mungkin yang membuat tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat mencari pesugihan monyet putih oleh orang-orang yang sesat dan lemah iman. Sebagaimana dengan tempat-tempat pemakaman tua lainnya di sini juga terdapat seorang juru kunci yang konon menjadi petunjuk sekaligus pemandu dalam menemukan pulau Seprapat sekaligus melaukan ritual pesugihan.

Baca Ini Juga >> Rahasia Pesugihan Putih Tanpa Tumbal

Tak jelas bagaimana ritual yang dilakukan di tempat tersebut, yang jelas beredar kabar bahwa oknum para pelaku pesugihan konon harus memberikan tumbul manusia biasanya anggota keluarga untuk dijadikan budak para penghuni gaib di Pulau Seprapat, hebohnya lagi tumbal pesugihan tersebut akan menjelma sebagai seekor kera berwarna putih. Lebih lanjut tentang cerita yang melegenda di masyarakat, para pelaku pesugihan setelah meninggal nantinya juga akan dijadikan sebagai budak para makhluk gaib di Pulau Seprapat. Karena itu pula mungkin laku pesugihan di tempat ini disebut sebagai pesugihan monyet putih dan kerap menjadi perbincangan masyarakat jawa tengah dan pati pada khususnya.

93 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini