Cerita Misteri Kamar Ratu Pantai Selatan

Posted by

“Bila ke pantai selatan Jawa, jangan menggunakan pakaian hijau. Kelak di ambil sama Nyi Roro Kidul”

 

 

Itulah pesan yang di ucapakan oleh banyak orang disekitar pantai pesisir selatan jika ada orang atau sanak saudara yang ingin berkunjung ke pantai selatan.[ Baca Juga : Sarana Spiritual Azimat Penglaris Usaha ]

 

 

Pasti telah tak asing lagi ya dengan larangan untuk menggunakan pakaian hijau di pantai selatan Jawa. Namun apakah kalian tahu argumennya? Mari kita cari info serta berteman dengan ratu cantik penguasa samudera selatan, Nyi Roro Kidul.

 

ratu pantai selatan
kamar ratu pantai selatan

Konon ada suatu kamar misteri di sebuah hotel dijawa barat. Iya! Kamar Nyi Roro Kidul di Hotel Inna Samudera Beach di Jalan Cisolok Raya KM 7, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Untuk ticket masuknya, setiap orang dikenakan cost Rp 15. 000, -.

 

 

Kamar dengan nomer 308 yaitu kamar yang (tuturnya) kerap didatangi oleh Nyai. Hingga kamar-kamar yang bersebelahan dengan kamar 308 senantiasa laku disewa oleh pencari ” pengetahuan ” /petapa. Mereka datang untuk bersemedi/bertapa berhari-hari, mengharapkan Nyai ingin bersua mereka serta mengabulkan permintaannya. Tak tahu itu meminta pengetahuan kekebalan, kekayaan, kekuasaan, seluruhnya beberapa hal yang berbentuk duniawi. Dapat pula bersemedi didalam kamar 308 dengan tarif harga Rp 125. 000 per jam serta cuma diijinkan bertapa sepanjang satu jam. Petapa tak bisa berlama-lama di kamar ini lantaran takut mengganggu Nyi Roro Kidul.

 

 

Perlu di ketahui, bila mau masuk dikamar itu supaya senantiasa berlaku sopan, tak mengatakan kalimat kasar sepanjang didalam kamar Nyi Roro Kidul. Wanita yang tengah datang bln. juga tak bisa masuk kamar ini.

 

 

Nyi Roro Kidul ini yaitu legenda untuk orang-orang Sunda, Jawa serta Bali. Dalam versus Sunda, Nyi Roro Kidul diakui juga sebagai jelmaan Dewi Kadita, putri kerajaan Pajajaran, yang memperoleh kutukan dari Ibu tirinya hingga badannya penuh kudis serta kusta. Pada akhirnya Dewi Kadita diusir dari Istana serta jalan ke arah Selatan Jawa. Sesudah jalan berhari-hari, Dewi Kadita lihat laut yang jernih serta segera menceburkan diri ke dalamnya. Saat itu juga penyakit di badannya hilang, parasnya kembali jadi cantik jelita. Dewi Kadita juga jadi penguasa Samudera Selatan untuk selamanya serta di kenal dengan nama Nyi Roro Kidul.

 

 

Legenda tadi tidak sama dengan versus Jawa yang yakin bahwa Nyi Roro Kidul tidaklah penguasa samudera selatan, tetapi abdi setia Kanjeng Ratu Kidul, yang telah ada lebih lama saat sebelum kerajaan Pajajaran. Walaupun ceritanya tidak sama, orang-orang Jawa serta Sunda yakini bahwa Roro Kidul yaitu penguasa samudera selatan.

 

 

Nyi Roro Kidul memanglah nyatanya fanatik warna hejo atau hijau. Sprei, bantal, dinding, kursi seluruhnya warna hijau. Beberapa dayang-dayang serta pelayannya juga menggunakan warna hijau. Tersebut kenapa wisatawan dilarang menggunakan pakaian hijau saat berwisata ke pantai selatan supaya tak di ambil (digulung ombak) serta jadikan pelayan Ratu.

 

 

Didalam kamar yg tidak terlampau besar itu ada single bed dengan sprei serta bantal berwarna hijau. Pas di samping tempat tidur ada kotak kaca diisi perhiasan yang tuturnya persembahan dari petapa yang dikabulkan permintaannya oleh Nyi Roro Kidul. Terkecuali perhiasan ada pula kebaya hijau cantik, persembahan dari petapa.

 

 

Yang paling menarik perhatian yaitu lukisan besar di tengah-tengah kamar. Ada seseorang wanita dengan badan molek memegang rambutnya yang panjang berdiri di dalam ombak. Lukisan itu di buat oleh Basoeki Abdullah, pelukis tersohor Indonesia. Di depan lukisan itu ada sesajen yang teratur dipersembahkan sehari-hari untuk Nyi Roro Kidul.

 

 

Di balkon kamar ada pohon besar yang diakui juga sebagai pohon yang paling disayangi Ratu. Konon, Presiden Soekarno juga sering kali datang serta duduk dibawah pohon itu. Terang saja Bung Karno sukai berkunjung ke Hotel Inna Samudera lantaran hotel ini di bangun oleh beliau pada th. 1962 berbarengan dengan dibangunnya Hotel Indonesia.

 

82 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini